Daftar Mata Kuliah Jurusan Psikologi Beserta Penjelasannya

Siapa nih yang mau melanjutkan pendidikan di jurusan psikologi? Jurusan psikologi adalah salah satu jurusan yang sangat diminati saat ini. Bidang yang berfokus pada manusia ini seolah menyihir banyak anak muda untuk terjun ke dalamnya. Hal ini tidak lain melihat prospek kerja yang luas serta ilmu psikologi yang sangat menarik.

Nah, sebelum memasuki bangku perkuliahan ada baiknya Anda mengetahui dahulu dasar atau mata kuliah apa saja yang akan Anda temui di jurusan psikologi. Pada artikel ini saya akan menjabarkan satu per satu mata kuliah jurusan psikologi semester 1-2  serta penjelasan singkatnya.

Daftar Mata Kuliah Jurusan Psikologi

Gambar 1

1. Antropologi

Antropologi adalah ilmu sosial yang mempelajari manusia secara holistik, mencakup aspek-aspek biologis, sosial, budaya, dan historis dari manusia. Bidang ini bertujuan untuk memahami manusia dalam berbagai dimensinya, termasuk aspek fisik, lingkungan, perilaku, budaya, dan interaksi sosial.

Kenapa jurusan psikologi membahas mengenai antropologi? Dengan mempelajari antropologi yang berfokus pada keberagaman manusia baik dari segi fisik, biologis, hingga budaya diharapkan mahasiswa di jurusan psikologi mampu memahami dan melihat setiap orang dari berbagai macam kacamata atau perspektif. Sehingga ketika dihadapkan pada klien tidak terjadi adanya timpang rasa atau membeda-bedakan. Sederhananya mempelajari antropologi membantu bagi mahasiswa psikologi untuk meningkatkan nilai empati serta keberagaman.


2. Psikologi Sosial

Psikologi sosial ini adalah salah satu cabang psikologi yang akan Anda temui di semester satu dan semester dua. Sesuai dengan namanya psikologi sosial membahas mengenai aspek psikologi dalam konteks sosial yaitu hubungan antara manusia dengan manusia lain hingga hubungan suatu kelompok. Saat Anda masuk pada mata kuliah ini Anda akan menemukan berbagai istilah baru yang sangat relate dengan kehidupan Anda sehari-hari karena memang psikologi sosial sangat berfokus pada konteks sosial manusia.

3. Psikologi Dasar

Mata kuliah jurusan psikologi selanjutnya yaitu psikologi dasar. Sesuai dengan namanya cakupan pada mata kuliah ini lebih luas dibandingkan psikologi sosial karena ia membahas psikologi secara dasar. Termsuk pada permasalahan mental individu hingga permasalahan dalam kelompok. 

4. Sosiologi Komunitas

Mata kuliah jurusan psikologi ini akan Anda temui di semester satu. Sesuai namanya mata kuliah ini membahas mengenai aspek komunitas. Mulai dari makna komunitas, komponen, serta elemen pendukung pembentukan komunitas. 

5. Filsafat Umum

Filsafat adalah induk segala ilmu. Siapa yang pernah dengar hal tersebut? Nah, ketika memasuki jurusan psikologi Anda juga akan menemukan mata kuliah ini baik pada semester satu hingga semester dua. Fokus mata kuliah ini sendiri tidak semata di bidang psikologi melainkan tetap pada sejarah serta makna filsafat. Namun, dengan mempelajari filsafat ini mampu mengasah diri Anda agar bisa berpikir kritis.

6. Statistika

Mata kuliah jurusan psikologi selanjutnya adalah statistika. Nah, mata kuliah ini sering banget tidak diketahui oleh calon mahasiswa. Bahkan beberapa mahasiswa beranggapan dengan masuk jurusan psikologi ia tidak akan bertemu hitung-hitungan. Statistika sendiri adalah mata kuliah yang mempelajari mengenai perhitungan data- Hal ini akan membantu Anda dalam menghitung data penelitian psikologi hingga sebagai penelitian tugas akhir nantinya. 

7. Rentang Perkembangan Manusia

Mata kuliah jurusan psikologi selanjutnya yaitu Rentang Perkembangan Manusia. Mata kuliah ini akan Anda temukan di semester dua. Sesuai dengan namanya mata kuliah ini berfokus pada perkembangan manusia dari pembuahan hingga dewasa. Perkembangan yang dimaksud bukan saja sekedar perkembangan fisik melainkan juga perkembangan secara emosional. 

Mata kuliah ini Anda akan mempelajari pula langkah yang tepat dalam melatih anak dari kandungan hingga dewasa. Salah satu contohnya adalah stimulus atau permainan apa yang tepat untuk diberikan kepada anak pada usian sekian dan lain sebagainya. 

8. Teori Kepribadian Manusia

Selanjutnya adalah teori kepribadian umum. Dari namanya saja sudah jelas bahwa mata kuliah ini membahas mengenai kepribadian manusia. Mata kuliah ini akan Anda temukan di semester dua. Adapun pembahasan mata kuliah ini adalah mengenai teori kepribadian dari berbagai pendapat ahli. Nah, nanti biasanya Anda akan berlatih untuk mengidentifikasi kepribadian menggunakan salah satu teori ahli yang diajarkan.

9. Mata Kuliah Umum

Mata kuliah umum adalah mata kuliah yang diwajibkan pada setiap kampus. Seperti mata kuliah bahasa Indonesia, bahasa Inggris, dan Kewarganegaraan.

Nah, itu dia beberapa daftar mata kuliah jurusan psikologi yang akan Anda temukan. Dengan mengetahui dasa-dasarnya Anda bisa mulai membaca berbagai buku, jurnal, atau literatur lain yang berkaitan dengan hal-hal di atas. Sehingga bisa memudahkan Anda dalam beradaptasi dengan pembelajaran nantinya. 



0 Post a Comment:

Posting Komentar