Rumus Excel Lengkap yang Sering Digunakan Beserta Penjelasannya

Microsoft Excel adalah salah satu program spreadsheet yang paling populer di dunia. Dengan berbagai fitur dan kemampuannya yang luas, Excel menjadi alat yang sangat berguna dalam mengelola data, menganalisis informasi, dan membuat laporan. Salah satu fitur utama Excel adalah kemampuannya untuk menggunakan rumus. Rumus Excel memungkinkan pengguna untuk melakukan perhitungan matematika, manipulasi data, dan analisis kompleks dengan mudah. Artikel ini bertujuan untuk memberikan panduan lengkap tentang rumus Excel, termasuk pengenalan dasar, rumus matematika, rumus statistik, rumus logika, dan banyak lagi. Dengan menguasai rumus Excel, Anda dapat meningkatkan produktivitas dan efisiensi dalam pekerjaan sehari-hari, analisis data, dan pengambilan keputusan.

Baca Juga : Cara Membuat Tabel di Word dengan Rapi dan Cepat.

Rumus Excel Lengkap

1. Penjumlahan (Sum)

Rumus Excel yang banyak dipakai pertama adalah penjumlahan atau Sum. Berikut saya akan memberikan contoh data yang akan kita jumlahkan. 

Gambar 1


Rumus Sum = SUM(A2:A6

A2 dan A6 yang dimaksud adalah Cell kolom A dan baris nomor 2-6. Karena saya akan menjumlahkan pada kolom A dengan nomor 1-6.

Silakan ketik rumus =SUM( di kolom yang hendak Anda isi hasil penjumlahannya. Berikut saya akan mengisi hasil penjumlahan A2-A6 pada cell H2.

Gambar 2


Setelah itu blok cell A2 - A6 atau pada kolom yang hendak Anda jumlahkan seperti gambar berikut. 

Gambar 3


Setelah itu silakan tekan enter. Data pada kolom A atau pada sel A2-A6 akan terjumlah secara otomatis seperti berikut.

Gambar 4

2. Pengurangan

Selanjutnya adalah melakukan pengurangan. Kita akan menggunakan data sebelumnya yaitu mengurangi pada cell E6 - D6.

Langkah pertama silakan ketik di kolom yang hendak Anda isi hasil pengurangan. Berikut saya akan membuat hasil pengurangan pada sel H3.

Ketik = kemudian klik sel E6 - (Tanda Kurang / - ) lalu klik D6 sehingga rumus pengurangan menjadi =E6-D6 seperti berikut.

Gambar 5

Setelah itu silakan tekan Enter. Hasil pengurangan akan muncul secara otomatis seperti berikut ini.

Gambar 6

3. Rata-Rata (Average)

Selanjutnya adalah menghitung rata-rata. Saya akan menghitung rata-rata pada kolom A dan saya isi pada cell H4.

Silakan ketik rumus di kolom H4 seperti =AVERAGE(

Gambar 7

Setelah itu silakan blok pada cell A2 - A6. Sehingga rumus Average menjadi seperti berikut ini. 

Gambar 8

Setelah itu silakan tekan Enter. Hasil rata-rata kolom A akan terhitung secara otomatis seperti gambar berikut.

Gambar 9

Nah, itu dia rumus Excel yang cukup sering digunakan. Untuk perhitungan perkalian dan pembagian tetap menggunakan cara yang sama namun dengan labang yang berbeda. Adapun lambang yang digunakan adalah :

  • Perkalian : *
  • Pembagian : /




0 Post a Comment:

Posting Komentar