Cara Pakai Mendeley untuk Sitasi dan Daftar Pustaka, Mahasiswa Wajib Tahu

Cara Pakai Mendeley - Salah satu kewajiban baik itu mahasiswa, pelajar, atau siapapun ketika hendak mengutip dari buku atau dari sumber orang lan wajib untuk mencantumkan sumbernya. Hal ini banyak ditemui ketika kita memasuki bangku kuliah. Ketika ini penugasan banyak menuntut pembuatan makalah, jurnal, hingga laporan. 

Sebagai contoh adalah Anda mendapatkan tugas membuat satu buah makalah. Ketika di masa sekolah Anda bisa saja mencari template makalah dengan tema serupa di Google atau mencari pembahasan makalah dai berbegai website yang tersedia di Google. Sebaliknya saat mahasiswa Anda dituntut untuk mencai referensi dai sumber yang jelas dan terstandarisasi seperti jurnal atau buku. Dalam penulisan kutipan ini Anda harus mencantumkan sumbernya yang tentu saja juga memiliki tata cara penulisan. 

Hal ini terkadang membuat mahasiswa mengalai kesulitan. Apalagi jika pembuatan makalah berjumlah banyak akan sangat repot untuk mengutipnya satu per satu. Namun, kini Anda tidak perlu lagi repot-repot karena salah satu pengembangan software terbaru sudah mampu membantu Anda menuliskan referensi secara otomatis yaitu menggunakan Mendeley.

Apa Itu Mendeley?

Mendeley adalah sebuah perangkat lunak manajemen referensi yang dirancang untuk membantu peneliti, mahasiswa, dan profesional dalam mengorganisir, menyimpan, dan mengelola referensi dan sumber daya penelitian mereka. Dikembangkan oleh Elsevier, Mendeley menyediakan layanan yang dapat diakses melalui aplikasi desktop, aplikasi seluler, dan platform daring.

Mendeley memungkinkan pengguna untuk mengimpor dan menyimpan referensi dari berbagai sumber, termasuk jurnal ilmiah, buku, situs web, dan basis data akademik. Aplikasi ini mendukung berbagai format file, sehingga pengguna dapat mengelola artikel jurnal, dokumen PDF, dan bahkan catatan penelitian mereka.

Cara Pakai Mendeley untuk Sitasi dan Daftar Pustaka

Sebelum memasuki cara pakai mendeley pastika Anda sudah install Mendeley dan sudah connect dengan Microsoft Word Anda masing-masing.

1. Upload File Jurnal ke Mendeley

Cara pakai Mendeley yang pertama adalah memasukkan atau upload file jurnal yang Anda pakai sebagai referensi dalam Mendeley. 

Kilik File - Add File

Gambar 1

Klik file jurnal yang Anda inginkan lalu klik Open. File jurnal akan terbuka dan tampil seperti berikut. 

Gambar 2

Pada bagian kanan aplikasi Mendeley secara otomatis merinci keterangan dai jurnal Anda, mulai dai judul, doi, tahun terbit, hingga penulisnya. 

2. Klik Pada Bagian Akhir Paragraf Kutipan yang Anda Ambil

Gambar 3

Setelah itu klik menu References - Insert Citation

Gambar 4

Setelah itu cari file jurnal tadi. Untuk memudahkan pencarian silakan masukkan kata kunci yang relevan dengan jurnal tadi seperti judul atau nama penulisnya. Seperti gambar berikut saya mengetikkan judul jurnal sehingga jurnal langsung muncul. Setelah itu silakan klik ok.

Gambar 5

Setelah itu sumber referensi akan muncul secara otomatis seperti gambar berikut. 

Gambar 6

3. Membuat Daftar Pustaka Otomatis

Cara pakai Mendeley selanjutnya juga bisa untuk membuat daftar pustaka otomatis. Hal ini memudahkan Anda agar tidak perlu memasukkan sumber satu persatu.

Klik menu References - Insert Bibliography

Gambar 7

Daftar pustaka akan muncul secara otomatis. Daftar pustaka ini secara otomatis telah merangkum dari keseluruhan sumber yang Anda pakai dalam referensi sebelumnya. 

Gambar 8

Nah, itu dia cara pakai Mendeley. Dapat disimpulkan bahwa kehadiran Mendeley sangat membantu bagi pelajar hingga mahasiswa dalam membuat penugasan. Banyaknya sumber data atau referensi tentu menyulitkan dan memakan banyak watu jika harus mengetik satu per satu. Belum lagi jika ada kesalahan urutan penulisan sumber. 
















0 Post a Comment:

Posting Komentar